Kebetulan sabtu kemarin tanggal merah, kesempatan untuk menjajal ban baru yang terpasang di roda belakang. Penulis pake zeneos ZN91 type touring. Penulis sengaja memilih jalur purwokerto kebumen melalui sempor, yang mana jalannya naik turun, berkelok-kelok, tidak rata, dan tentunya.
Dengan kombinasi ban depan corsa type S123 100/70-17 compound keras, ban belakang zeneos zn91 120/70-17 compound lembut. Kecepatan motor sekitar 40, 70, 80, tergantung medannya, karena jalan pegunungan, kecepatan menyesuaikan.
Kesan pertama, top speed bertambah, akselerasi juga lebih mantap. Getaran pada stang motor juga sudah berkurang jauh, memang tipikal motor honda getaran pada stang lebih terasa dibanding motor lain.
Sampai di pertigaan mandiraja, penulis istirahat untuk sarapan pagi, terus penulis lanjutkan ke purwokerto. Sengaja penulis langsung ambil arah banjarnegara terus lewat jalur alternatif ke arah purwokerto, karena jalur ini jalannya tidak halus. Di jalan ini motor untuk belok ok, miring-miring ok banget.
Sesampai di purwokerto, tepatnya di daerah Akademi keperawatan Purwokerto, ada mobil dan motor yang berhenti mendadak, kecepatan penulis sekitar 80 km/jam, gigi tak kurangi dan penulis injak rem ban belakang tidak selip, mantap deh. Penulis coba lepas setang kurang lebih 20 50 meter ga goyang-goyang (ingat kecepatan motor harus stabil dan jalan harus rata dan tidak banyak kendaraan), ga ada masalah.
Sesampai di sumpiuh turun hujan, terasa ban depan dan belakang lebih menggigit di jalan basah. Melewati jalan kereta api, tidak selip mengingat jalan kereta api dengan jalan raya posisinya tidak siku, ini berbahaya, karena ban bisa selip
Kesimpulan yang penulis dapatkan dengan kombinasi ban depan corsa 100/70-17 type S123 dan belakang zeneos 120/70-17 type touring pada NMP adalah sebagai berikut :
1. Top speed bertambah.
2. Akselerasi mantap.
3. Getaran pada stang berkurang banyak (tipikal motor honda memang getarannya besar).
4. Di jalan kering dan basah sangat mantap.
5. Untuk belok maupun miring-miring mantap banget..
Hampir lupa, ban motor penulis diisi nitrogen, sehingga temperatur ban lebih terjaga dan lebih stabil pada jalan kering, basah, semi basah atau berpasir.
Besok penulis akan review perjalanan ke jogjakarta.
salam brotherhood pak. .
sigmanya dikemanain pak????
😀
dah laku sama orang petanahan, kok tau?
hargay kisaran brpa bro???
suwun
kalo corsa s123 type touring di kebumen kisaran Rp.265 ribu ukuran 100/70-17 zeneos zn91 type touring rp.374 ribu pasang pake mesin plus nitrogen
hargay kisaran brpa bro???
bwt ring 18 ada nga ya??
suwun
jarang bro..kebanyakan ukuran ring 17, punyaku 120/70-17 harga 374 ribu
wah komente’ nunggu moderenisasi
hehehehe
baru buka bro….! maaf telat
Josssssss…..
ternhata corsa kualitasnya ga murahan bro…yang penting isi ban pake nitrogen, untuk ban depan 28-30 psi dah cukup, belakang 33-35 psi.
Mantaaap.., bisa semakin kuenceng tuuh motornya..!
sebetulnya gripnya masih bagus FDR sport xr, karena ban depan lebih gede, akhirnya ban belakang tak ganti zeneos, biar imbang
mas bro….
saya ada rencana mau ganti ban nih….
kalo ban depan dan belakang buat nmp rekomendasinya apa aja ni?? (merk dan ukuran)
kalo pake yang soft compound semua apakah hasilnya lebih baik?? (disitu diterangkan ban depan pake hard compound)
soalnya selama ini kalo ketemu jalan ngga rata suka geol-geol (ban standar)….
makasih….keep posting…..
Kalo anda suka touring:
Merk : FDR, Zeneos, IRC, Corsa, Swallow Ban depan ukuran 90/70-17, 80/100-17 ban belakang 100/80 atau ban depan ukuran 100/70-17 ban belakang ukuran 120/70-17 kalo ban depan ukuran 100/70 harus ganti spakboar ninja atau variasi. Angin sebaiknya pake nitrogen, ban depan cukup 28 psi belakang 33 atau 35 psi. Untuk ban FDR, sebaiknya ban depan pake type SPORT XT, ban belakang pake type SPORT XR Evo
KALO ANDA SUKA BALAP ATAU KECEPATAN :
Merk ban :
FDR, depan ukuran 90/70-17 belakang 110/70-17 atau 130/70-17. Sebaiknya ban depan ada alur tengah, untuk memecah air, ban belakang tidak perlu ada alur tengah nggak masalah. Ban FDR, ban depan type SPORT XT, ban belakang SPORT XR
bang itu velg asli new megapro atau udah diganti bang?
soalnya ada yang bilang velg 1,85 gak cocok kalo pake ban 100/70
makasih hehehe
asli bro…pas kok sama velg standar New Megapro
mas bro mau nanya,klo pake ban belakang 130-70 IRC roadwinner di NMP dngn velg standart muat ngak? dan bentuknya ngedonat ato msh cocok..?
dan bertambah tinggi ato makin ceper?
kalau 30 tidak bisa masuk gan, bahaya, maksimal 120. Saya dah pernah coba, memang masuk, tapi bentuk ban jadi kelihatan aneh dan kalau kecepatan tinggi roda tidak stabil.Sebaiknya memakai ban ukuran 120/70 merk FDR, Zeneos, IRC, swallow, kalau memakai corsa ukuran 120/80 ban masih bisa masuk, tapi jangan menggunakan spakbor variasi bisa gasruk tuh ban, solusinya pakai peninggi shokbeker.
mantap bro,tapi itu masih pake velg standar atau sudah ganti lebar??
masih standar pak